Minggu, 12 Juli 2020

Mau Ukuran Rumah Tiny House terasa Lapang, Ini Rekomendasi Desain yang Cocok untuk Hunian Anda

Mau Ukuran Rumah Tiny House terasa Lapang, Ini Rekomendasi Desain yang Cocok untuk Hunian Anda

Mau Ukuran Rumah Tiny House terasa Lapang, Ini Rekomendasi Desain yang Cocok untuk Hunian Anda - Memiliki rumah yang luas dan dan asri merupakan impian sebagian orang yang menginginkan kedamaian dan kenyamanan. Namun, dengan kondisi ekonomi yang kurang memadai, hal ini sulit untuk diwujudkan. Anda mungkin terpaksa harus membeli, baik secara cash maupun kredit sebuah rumah yang kecil, sempit, dan tidak sesuai harapan.

Anda tidak perlu khawatir. Dengan menggunakan konsep desain yang tepat, hunian kecil tersebut bisa terasa lapang. Untuk bisa mewujudkan hal ini Anda bisa memilih desain dekorasi yang tepat. Beberapa rekomendasi konsep desain yang cocok untuk hunian tiny house adalah sebagai berikut:

Ranjang Multifungsi

Ukuran Rumah Tiny House terasa Lapang

Desain pertama yang direkomendasikan adalah dengan memiliki tempat tidur yang bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Misalnya, Ranjang yang memiliki 3 fungsi, yaitu sebagai tempat tidur sekaligus bisa dijadikan rak buku dan lemari pakaian. Pada bagian sisi ranjang Anda bisa menambahkan rak buku. Sedangkan di bagian bawah tempat tidur terdapat rak atau laci yang bisa berfungsi untuk menyimpan baju, perhiasan atau aksesoris.

Tempat Tidur Tingkat

Ukuran Rumah Tiny House terasa Lapang

Sebuah hunian tidak lepas dari kebutuhan tempat tidur. Semakin banyak jumlah penghuni rumah tersebut tentunya akan membutuhkan ranjang yang lebih banyak atau yang berkapasitas besar. Jika hunian Anda memiliki ukuran rumah tiny house sedangkan jumlah anak lebih dari satu, Anda bisa menggunakan tempat tidur tingkat. Untuk ukuran dan modelnya bisa disesuaikan dengan luas kamar yang tersedia.

Kamar Mandi dengan Tempat Penyimpanan yang Simpel

Ukuran Rumah Tiny House terasa Lapang

Memiliki rumah dengan luas yang terbatas membuat Anda harus memanfaatkan ruang seefisien mungkin, hal ini berlaku juga pada bagian kamar mandi. Anda bisa memilih desain kamar mandi tanpa bak penampungan air. Untuk meletakkan peralatan mandi, tambahkan rak yang diletakkan diantara closet. Pilihlah warna yang terang atau cerah untuk cat dinding agar ruangan terkesan lebih luas dan bersih.

Tangga yang Bisa Dilipat

Ukuran Rumah Tiny House terasa Lapang

Ingin rumah yang terkesan luas dan lapang walau memiliki ukuran yang minimal bisa Anda dapatkan dengan pemilihan tangga yang tepat. Salah satu desain tangga yang unik dan menarik adalah dengan membuat tangga yang bisa dilipat.

Jika tidak digunakan, tangga ini akan terlipat dengan rapi dan menempel di dinding hingga terkesan seperti hiasan dinding yang unik. Anda juga bisa menggunakan konsep menyimpan tangga lipat tersebut dalam plafon hingga ruangan terasa lapang dan rapi saat tangga tersebut tidak digunakan.

Tangga Minimalis dan Multifungsi

Ukuran Rumah Tiny House

Buat Anda yang tidak ingin repot dengan tangga lipat, bisa memilih desain tangga minimalis yang multifungsi. Anda bisa memilih bahan yang tepat agar tangga tersebut bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang berukuran kecil.

Bagian samping tangga yang biasanya berupa ruang kosong bisa dimanfaatkan sebagai lemari penyimpanan. Begitu pula dengan bagian anak tangga. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan aksesoris, buku, atau barang kecil lainnya.

Kitchen Storage Hemat Ruang

Ukuran Rumah Tiny House terasa Lapang

Dengan ukuran rumah tiny house tidak membuat Anda harus melupakan impian untuk memiliki kitchen set yang modern. Anda bisa memilih kitchen storage dengan desain minimalis untuk menyimpan perabot yang tidak terlalu dibutuhkan seperti rak piring dan peralatan kecil untuk membuat kue.

Begitu pula dengan peralatan memasak seperti pisau dapur, bahan-bahan kue dan sebagainya bisa disimpan dalam laci. Hadirnya kitchen storage ini bisa membuat dapur terasa lapang dan tampilannya pun akan terlihat lebih rapi dan bersih.

Laci Serbaguna

Ukuran Rumah Tiny House

Selain digunakan untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil, laci juga bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain. Jika biasanya stop kontak tertanam di dinding, Anda bisa menyembunyikan stop kontak di laci tersebut. Dengan cara ini ruangan akan terlihat lebih rapi, bersih, dan aman. Sebab, Anda tidak akan melihat lagi kabel yang tampak berantakan ketika akan mengisi ulang baterai smartphone.

Ukuran rumah tiny house bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk memiliki rumah yang lapang. Anda bisa memilih dekorasi dengan konsep minimalis dan multifungsi seperti tangga yang bisa dilipat, tempat tidur tingkat, kitchen storage, dan laci serbaguna. Masih banyak lagi desain dekorasi yang cocok diterapkan rumah yang berukuran mini. Dengan pemilihan desain dan warna yang tepat, sebuah hunian yang sempit bisa terkesan lebih luas dan lapang.

Jumat, 10 Juli 2020

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya - Micro house atau dikenal dengan tiny house merupakan salah satu rumah mungil dengan ukuran kurang dari 100 meter persegi. Bangunan micro house memiliki luas sekitar 40-70 meter persegi. Walaupun micro house atau tiny house memiliki ukuran yang mungil, namun harga desain rumah ini cukup mahal.

Berbeda dengan ukuran rumah pada umumnya, micro house yang berukuran lebih kecil harus menggunakan desain tepat. Hal ini agar semua barang sesuai dengan ukuran ruangan serta memiliki tampilan yang lebih menarik. Desain dan ukurannya yang tidak biasa, tentu membuat micro house harus didesain oleh jasa arsitek profesional. Bagi Anda yang berencana memiliki micro house, berikut 8 ide dekorasi yang dapat dijadikan inspirasi.

Pilihlah Tangga yang Dapat Dilipat

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Pengertian Micro house adalah rumah yang memiliki luas lebih kecil dari rumah pada umumnya. Maka dari itu, untuk membuat ide penataan desain interior dalam micro house harus dilakukan secara tepat, salah satunya dengan menggunakan tangga lipat. Tangga lipat menjadi pilihan desain tangga terbaik untuk rumah berukuran kecil atau micro house. Selain tidak membutuhkan banyak tempat, tangga lipat juga dapat memberikan kesan yang unik.

Gunakan Tangga Multifungsi

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Apabila Anda kurang tertarik menggunakan tangga lipat, Anda dapat memilih tangga multifungsi berdesain minimalis. Selain berfungsi sebagai tangga, pemilihan tangga minimalis dan multifungsi ini dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan. Anda dapat menyimpan berbagai barang berukuran kecil seperti buku, aksesoris, dan lain sebagainya sehingga lebih efektif dalam menyimpan benda.

Pilihlah Tempat Tidur Tingkat

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Pengertian micro house adalah rumah mungil berukuran kurang dari 100 meter persegi. Dengan ukurannya yang mungil, tentu Anda harus memertimbangkan desain yang digunakan, salah satunya memilih menggunakan tempat tidur tingkat. Ide menggunakan desain tempat tidur bertingkat merupakan pilihan yang tepat, terutama bagi Anda yang telah berkeluarga dan memiliki anak.

Rak Sepatu Lipat

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Dalam sebuah micro house, Anda harus memiliki desain yang minimalis dan multifungsi, salah satunya memilih rak sepatu simpel. Pilihlah rak sepatu lipat yang dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Anda dapat menempatkan rak sepatu lipat di belakang pintu agar lebih menghemat tempat.

Gunakan Laci untuk Stopkontak

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Pengertian micro house adalah rumah mungil kurang dari 100 meter persegi, sehingga diperlukan desain minimalis untuk membuat kesan rapi dan luas di dalamnya. Salah satu ide desain dalam susunan micro house yaitu menggunakan laci sebagai penyimpanan stopkontak. Selain membuat tampilan dinding lebih rapi karena tidak ada stop kontak, handphone yang sedang diisi baterainya pun juga lebih aman karena di dalam laci.

Konsep Kamar Mandi Minimalis

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Agar semakin memberikan kesan nyaman, Anda juga harus memertimbangkan desain kamar mandi di micro house. Anda dapat meletakkan rak di dalam kamar mandi sebagai tempat sabun mandi dan handuk. Selanjutnya gunakan shower untuk lebih menghemat tempat, sehingga kamar mandi terkesan lebih rapi dan luas.

Gunakan Kitchen Storage Berdesain Minimalis

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Kitchen storage dapat memberikan kesan dapur yang lebih luas dan rapi. Apabila dibandingkan dengan menggunakan rak piring atau perabot, tentu memilih menggunakan kitchen storage adalah pilihan tepat. Selain membuat tampilan rumah micro house lebih bersih, juga dapat menghemat penggunaan ruang.

Pilih Furnitur yang Sesuai

Pengertian Micro House dan Ide Dekorasinya

Pengertian micro house adalah rumah mungil dengan desain minimalis. Ketika Anda memutuskan membeli micro house, maka lebih baik memilih furnitur yang dapat disesuaikan dengan keadaan rumah. Sekarang ini banyak desainer furnitur yang memiliki banyak ide dalam membuat furnitur berkonsep micro house, salah satunya dalam mendesain meja dan kursi gantung.

Meja dan kursi gantung menjadi pilihan tepat untuk hunian mungil Anda. Saat meja dan kursi akan digunakan, Anda dapat menariknya ke bawah. Sedangkan saat tidak digunakan, Anda dapat menarik kembali meja dan kursi tersebut untuk menyatu dengan langit-langit rumah. Dengan memilih konsep seperti ini dapat membuat tampilan rumah mungil terlihat lebih luas.

Pengertian micro house adalah rumah yang memiliki ukuran lebih kecil dari rumah pada umumnya, dengan ukuran luas kurang dari 100 meter persegi. Rumah jenis ini biasanya disebut dengan tiny house maupun rumah liliput karena memiliki bentuk yang kecil dan mungil. Agar terkesan luas, Anda harus dapat memilih desain furnitur yang multifungsi sehingga dapat memberikan ruangan yang minimalis dan nyaman.

Kamis, 09 Juli 2020

Ketahui Beberapa Inspirasi Desain Rumah Pasangan Muda

Ketahui Beberapa Inspirasi Desain Rumah Pasangan Muda

Ketahui Beberapa Inspirasi Desain Rumah Pasangan Muda - Kebanyakan dari para pasangan muda atau pasangan yang baru saja menikah, masih kebingungan untuk mencari-cari inspirasi desain untuk rumah mereka. Anda mungkin salah satu di antaranya. Selain itu, membangun rumah bukanlah perkara main-main yang bisa disepelekan, sehingga benar-benar membutuhkan kematangan rancangan sebelum mulai bertindak.

Menjadikan desain rumah menjadi rumah impian tidaklah mudah, butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mencari inspirasi ide yang nantinya bisa menjelmakan rumah Anda bisa terlihat cantik dan nyaman dipandang, sekaligus bisa memenuhi kebutuhan fungsi keseluruhan isi rumah. Oleh karena itu, penting sekali bagi para pasangan muda untuk merancang rumah pertamanya dengan matang dengan mencari beberapa ide inspirasi yang bisa digunakan.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa inspirasi desain yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu inspirasi untuk rumah baru Anda nantinya, yang akan memberikan kesan minimalis dan memiliki fungsi maksimal.

Desain Split Level

Ketahui Beberapa Inspirasi Desain Rumah Pasangan Muda

Inspirasi ide desain rumah pasangan muda yang pertama adalah menggunakan gaya split level yang nantinya akan memberikan suasana unik untuk rumah atau hunian Anda. Ide atau inspirasi desain ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki tanah yang tidak terlalu lebar. Selain itu, gaya atau ide inspirasi desain ini sangat cocok untuk Anda yang merasa menjadi pasangan muda kreatif.

Level yang dimiliki oleh inspirasi desain yang satu ini akan memberikan fungsi dan kesan yang berbeda, yang mana bisa dilihat dari segi interior atau perabot yang digunakan. Rumah atau hunian Anda nantinya tetap saja akan bisa ditarik satu benang merah, yaitu sebuah rumah yang terlihat sangat modern.

Citra atau kesan yang akan diberikan oleh rumah bergaya split ini dibuat untuk memenuhi gaya hidup positif para pasangan muda yang memilih untuk menggunakannya. Di mana nantinya, akan tampak vibe cerah yang terpancar, baik dari segi tatanan ruang maupun alur yang ada dalam rumah tersebut.

Gaya Optimalisasi Ruangan

Ketahui Beberapa Inspirasi Desain Rumah Pasangan Muda

Ide atau inspirasi desain rumah pasangan muda yang selanjutnya adalah rumah dengan menggunakan gaya optimalisasi ruangan. Dari namanya saja sudah bisa dilihat jika gaya atau inspirasi ide desain rumah yang satu ini akan menggunakan sistem optimalisasi ruangan yang nantinya akan ada di rumah Anda.

Hal tersebut nantinya akan membuat rumah atau hunian Anda tidak memiliki kesan sempit, meski sebenarnya terbagi ke dalam enam level atau enam ruangan. Sehingga, rumah atau hunian Anda tetap akan memiliki kesan estetis tersendiri, dan ruangan secara keseluruhan akan dimanfaatkan secara maksimal, tidak ada lagi istilah celah ruangan yang terbuang percuma ketika Anda memilih menggunakan gaya desain yang satu ini.

Gaya desain rumah pasangan muda yang satu ini tentunya tetap akan memberikan kenyamanan bagi Anda yang menghuninya, karena selain mengoptimalkan fungsi ruangan yang ada, juga memberikan kesan indah sehingga rumah Anda akan tetap enak dipandang. Pengoptimalan ruangan bisa Anda lihat pada bagian ruang tamu yang nantinya akan menjadi salah satu highlight rumah atau hunian Anda.

Hal tersebut memiliki alasan karena para penghuni rumah pada umumnya akan lebih banyak menghabiskan waktu di bagian ruang tersebut, sehingga dimunculkan tiga fungsi pada ruang tersebut, yakni ruang TV, ruang makan, dan juga working corner. Nah, ketiga ruangan tersebut sengaja didesain dengan saling terintegrasi, sehingga komunikasi antar penghuni rumah pun akan tetap terhubung dengan nyaman.

Gaya desain rumah yang satu ini juga memungkinakan Anda untuk menambahkan satu ruangan mini bar, yang nantinya bisa Anda pakai untuk ruangan minum kopi bersama atau yang lainnya. Selain itu, efek tersebut juga akan menambah kesan estetik di rumah atau hunian Anda. Karenanya, desain rumah pasangan muda yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kegemaran traveling atau jalan-jalan.

Ada banyak sekali model atau gaya desain rumah pasangan muda yang bisa Anda pilih, tergantung selera atau kebutuhan yang nantinya Anda miliki. Selain itu, Anda juga harus benar-benar memastikan jika Anda sudah memilih dan memikirkan desain rumah atau hunian baru Anda dengan matang, sesuai dengan kebutuhan Anda dan pasangan Anda tentunya.

Senin, 06 Juli 2020

Ketahui Beberapa Perbedaan Scandinavian Dan Minimalis

Ketahui Beberapa Perbedaan Scandinavian Dan Minimalis

Ketahui Beberapa Perbedaan Scandinavian Dan Minimalis - Gaya dekorasi merupakan salah satu hal yang dijadikan sebagai tren oleh kebanyakan orang, termasuk gaya dekorasi scandinavian maupun dekorasi minimalis. Selain itu, tidak sedikit juga orang-orang yang menyukai kedua gaya dekorasi tersebut, mungkin saja Anda termasuk. Sehingga pada umumnya kedua gaya tersebut digunakan juga ke dalam beberapa perabotan.

Jika Anda tertarik menggunakan kedua gaya dekorasi tersebut, saat ini sudah banyak sekali toko perabot atau furniture yang menyediakannya. Nah, meski gaya dekorasi minimalis dan scandinavian sering sekali dipadukan, dikolaborasikan, tapi tetap saja kedua jenis gaya desain tersebut memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing. Jika Anda penasaran, berikut ini ulasan singkat mengenai perbedaan antara kedua gaya tersebut.

Perbedaan Scandinavian dan Minimalis

Perbedaan Scandinavian Dan Minimalis

Seperti yang sudah dibahas di awa, gaya dekorasi minimalis dan Scandinavian memiliki perbedaan yang cukup signifikan, di mana pada mulanya, istilah minimalis digunakan pertama kali untuk menggambarkan sebuah karya seorang seniman visual asal Amerika Serikat, pada tahun 1960. Seniman-seniman tersebut di antaranya yaitu Anne Truit, dan ada juga Robert Morris.

Saat ini, gaya desain minimalis lebih mengacu kepada penggunaan perabot maupun furniture dengan bentuk yang geometris, dan digunakan di dalam ruangan yang terbuka. Nah, gaya desain minimalis juga pada umumnya lebih banyak menggunakan warna hitam dan putih ke dalam perabot-perabotnya, sekaligus menekankan sistem multi fungsi ke dalam setiap perabot atau furnitur nya.

Perbedaan Scandinavian dan minimalis yang selanjutnya adalah: gaya desain Scandinavian lebih mengarah kepada penggunaan bahan-bahan yang alami, seperti menggunakan kayu sebagai bahan untuk perabot atau furniture yang dihasilkan nantinya. Selain itu, gaya desain Scandinavian juga lebih cenderung menggunakan warna-warna yang netral, seperti warna nude, putih, dan warna-warna netral lainnya.

Ciri khas lain yang dimiliki oleh gaya desain Scandinavian adalah bentuk hasil perabot dan furniture yang terkesan minimalis, sehingga akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya perabot minimalis dan memiliki kesan cantik. Karenanya, gaya dekorasi yang satu ini sangat cocok digunakan di ruangan terbuka, yang mana juga mendapatkan pancaran sinar matahari secara lembut dan tipis-tipis.

Perbedaan Scandinavian dan minimalis yang selanjutnya adalah jika gaya desain minimalis berasal dari daerah Amerika Serikat, dan gaya desain Scandinavian ini sendiri berasal dari wilayah Swedia, Denmark, Islandia, Norwegia, dan juga Finlandia.Meski keduanya terkesan sama karena menggunakan gaya minimalis di setiap perabotnya, tapi tetap saja keduanya memiliki perbedaan dan ciri khas yang melekat pada masing-masing gaya dekorasi tersebut.

Jika keduanya sama-sama memiliki kesan minimalis, Anda bisa memilih salah satu dari kedua gaya dekorasi tersebut melalui bahan yang digunakan. Jika minimalis gaya desain menggunakan perpaduan antara plastic hingga besi sebagai bahan perabot atau furnitur nya, maka Scandinavian lebih cenderung menggunakan bahan yang bersifat organic, seperti halnya karpet anyaman dan juga kursi kayu, atau bahan organik lainnya.

Nah, perlu Anda ketahui juga jika perbedaan Scandinavian dan minimalis terletak pada penekanan suatu hal pada furniture yang dihasilkan. Untuk desain minimalis sendiri lebih menekankan pada kesan sederhana yang akan dihasilkan, dan juga menekankan kepada fungsi yang dimiliki oleh furniture atau perabot yang dihasilkan. Walau demikian, gaya dekorasi minimalis tidak memiliki kesan kaku dan terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Untuk desain minimalis sendiri lebih menekankan pada tekstur barang yang dihasilkan, selain itu juga lebih cenderung menggunakan warna monokromatik atau hitam putih. Sedangkan jika desain Scandinavian, lebih cenderung menggunakan warna-warna pucat seperti krem atau nude, yang nantinya tidak akan kalah dalam memberikan kesan minimalis kepada perabot yang Anda miliki.

Anda bisa memilih salah satu dari kedua gaya dekorasi furniture tersebut, bisa menimbang dari sisi perbedaan bahan yang digunakan, penekanan fungsi, dan juga kesan yang akan diberikan kepada perabot di rumah Anda nantinya. Jika Anda berkenan, Anda bisa memadukan antara kedua desain tersebut di rumah Anda, sehingga rumah Anda akan memiliki kesan yang lebih cantic dan begitu minimalis.

Perbedaan Scandinavian dan minimalis memang tidak banyak, tapi tanpa Anda sadari, kedua gaya dekorasi tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Anda bisa memilih salah satu dari kedua gaya dekorasi tersebut atau bahkan memadukan keduanya.

Sabtu, 04 Juli 2020

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya - Triplek merupakan salah satu bahan material bangunan yang dibuat dari bahan kayu. Triplek banyak digunakan dalam pembangunan interior rumah sebagai langit-langit maupun dinding rumah. Harga triplek yang cukup terjangkau, membuat bahan ini banyak diminati sebagai material rumah.

Selain harganya terjangkau, triplek juga memiliki tekstur halus, sehingga lebih mudah saat digunakan. Triplek juga mudah saat dipasang, hal ini karena karakteristik dari triplek yang ringan. Tidak seperti material besi, triplek juga tidak mudah menyusut atau melengkung sehingga sangat pas digunakan sebagai interior rumah. Dalam material bahan bangunan, Terdapat 5 jenis triplek yang harus diketahui, yaitu sebagai berikut.

Triplek Melamin

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Jenis triplek yang pertama yaitu melamin atau decorative plywood yang memiliki ketebalan 2 mm, 3 mm, dan 9 mm. Triplek jenis milaminto memiliki permukaan yang mulus dan lebih licin bila dibandingkan dengan triplek jenis lain. Triplek yang memiliki permukaan mulus dan licin ini biasanya banyak digunakan sebagai bahan tatakan pisau maupun kitchen set yang lain.

Biaya pembuatan rumah triplek milaminto biasanya sangat beragam tergantung ketebalan dan ukuran dari triplek. Biasanya harga yang dibanderol dari triplek melaminto mulai dari Rp 66.000 hingga Rp 250.000. Kelebihan yang dimiliki oleh triplek melaminto antara lain permukaan lebih halus, warna yang awet, triplek tidak mudah rapuh, tersedia berbagai warna, dan mudah digunakan.

Teakblock

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Teakblock merupakan salah satu jenis triplek yang dibuat dari tumpukan lembaran papan kayu jati. Triplek yang memiliki ketebalan hingga 30 mm ini memiliki motif bervariasi dan sangat bagus, sehingga biasanya digunakan sebagai bahan material bangunan desain interior. Triplek dari lembaran kayu jati yang kuat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 270.000 per lembarnya.

Blockboard atau Meranti

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Blockboard atau meranti merupakan salah satu jenis triplek yang dibuat menggunakan 3 lapis kayu. Triplek blockboard dibuat dengan ketebalan beragam sesuai kebutuhan konsumen, biasanya ketebalannya mulai dari 0.5 mm hingga 2 mm. Biasanya triplek ini dibuat dari serat jati dan dilapisi menggunakan melamin.

Selain dibuat dari kayu jati, triplek jenis blockboard juga dibuat dari kayu akasia dan kayu meranti. Triplek ini biasanya digunakan dalam pembuatan lemari maupun sebagai material pembangunan desain interior rumah. Biaya pembuatan rumah triplek jenis blackboard ini cukup beragam sesuai dengan ketebalannya. Harga triplek blockboard dibanderol sekitar Rp 140.000 hingga Rp 190.000 dengan ukuran 122 x 244 cm.

Medium Density Fiberboard

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Medium Density Fiberboard (MDF) merupakan salah satu jenis triplek atau kayu lapis yang dibuat dari campuran serat kayu keras dan serat kayu lunak. Kedua campuran dari serat kayu tersebut akan ditempel menggunakan lem atau lilin agar bisa digunakan. Medium Density Fiberboard (MDF) memiliki pori-pori yang lebih rapat dengan permukaan lebih rata dan berkualitas.

Triplek jenis Medium Density Fiberboard (MDF) memiliki kekuatan yang sangat baik, sehingga sebagian orang memilih menggunakan triplek jenis ini sebagai material huniannya. Selain itu, triplek jenis ini sangat pas digunakan sebagai bahan dasar furnitur perabot rumah karena memiliki kualitas sangat baik.

Biaya pembuatan rumah triplek dari Medium Density Fiberboard (MDF) dibanderol dengan harga Rp 100.000 untuk ukuran 9 mm, Rp 155.000 untuk ukuran 15 mm, dan Rp 180.000 untuk ukuran 18 mm. Harga tersebut merupakan harga triplek Medium Density Fiberboard berukuran 122 x 244 cm.

Multipleks

Biaya Pembuatan Rumah Triplek dan Jenis-jenisnya

Multipleks merupakan salah satu jenis triplek yang dibuat dari kulit kayu yang telah disusun secara berlapis. triplek jenis multipleks memiliki daya tahan yang tinggi dengan tekstur rapat, sehingga lebih tahan terhadap air. Biaya pembuatan rumah triplek menggunakan jenis multipleks cukup beragam sesuai dengan ketebalan triplek.

Saat digunakan sebagai material rumah Anda dapat memilih berbagai ketebalan yang diinginkan mulai dari 2 mm hingga 18 mm. harga multipleks berukuran 2 mm dibanderol dengan harga Rp 32.000 per lembar. Sedangkan multipleks berukuran 9 mm dibanderol dengan harga Rp 98.000 per lembar. Terakhir yaitu multipleks berukuran 18 mm dibanderol dengan harga sekitar Rp 205.000 per lembar.

Terdapat berbagai jenis triplek yang dijual di toko bahan material bangunan. Untuk biaya pembuatan rumah triplek biasanya disesuaikan dengan jenis triplek yang digunakan dan banyaknya jumlah untuk membangun rumah. Sebelum memilih dan membeli triplek, sebaiknya Anda memahami tentang kelebihan dan kekurangan dari jenis triplek tertentu.

Kamis, 02 Juli 2020

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mewujudkan impian memiliki rumah. Anda bisa membelinya secara tunai atau kredit. Bagi Anda yang berpenghasilan rendah tidak perlu cemas. Ada program pemerintah dari Kementerian Umum Perumahan Rakyat (KUPR) yang menyediakan rumah subsidi dengan harga terjangkau.

Memiliki rumah subsidi bukan berarti Anda tidak boleh melakukan renovasi. Ada aturan khusus yang harus dipatuhi jika ingin melakukan perubahan. Misalnya dilarang membuat rumah bertingkat atau renovasi total. Biasanya, dibagian belakang rumah terdapat sisa lahan kosong. Anda bisa merubahnya menjadi sebuah ruangan yang bermanfaat. Beberapa ide yang bisa diterapkan diantaranya adalah:

Taman

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Bagian belakang rumah bisa bermanfaat untuk memperlancar peredaran sirkulasi udara di rumah. Caranya adalah dengan menjadikan lahan tersebut sebagai area terbuka dan menciptakan sebuah taman yang asri.

Taman tersebut bisa dibentuk menyesuaikan ukuran lahan, misalnya menjadi mini garden atau vertical garden. Kehadiran taman ini bisa semakin mempercantik interior rumah Anda. Untuk jenis tanamannya, Anda bisa memilih tanaman hias seperti mawar, lavender, adenium, melati, dan sebagainya.

Kolam Ikan

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Anda bisa melakukan renovasi rumah subsidi bagian belakang dan sisa lahan yang tersedia dengan membuat kolam ikan. Agar terlihat lebih indah, tambahkan unsur batu atau kayu pada kolam tersebut dan pada bagian tengahnya diberi air mancur kecil. Untuk jenis ikan yang akan dipelihara, Anda bisa memasukkan ikan hias atau ikan yang bisa dikonsumsi seperti ikan mas, gurame, patin, dan lain-lain.

Lahan Hijau

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Selain membuat taman, Anda juga bisa menciptakan lahan hijau di belakang rumah. Caranya adalah dengan memberi dekorasi rumput dan ditambahkan dengan berbagai tanaman obat. Untuk lebih praktisnya, Anda bisa menggunakan rumput sintetis agar terkesan hijau dan asri.

Taman Bermain Anak

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Ide lain yang bisa diterapkan untuk renovasi rumah bagian belakang adalah dengan merombaknya menjadi sebuah arena bermain untuk anak. Anda bisa menambahkan ayunan, perosotan plastik, atau fasilitas bermain lainnya. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan lahan yang tersedia agar tidak terkesan penuh.

Untuk lebih amannya, hindari menggunakan tanaman berduri di bagian ini. Lebih baik jika Anda membuat dinding tembok yang tinggi agar ruangan tampak lebih luas. Pada bagian penutupnya, disarankan untuk menggunakan kaca atau fiber agar pencahayaannya menjadi lebih baik.

Dapur Mini

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Ide renovasi rumah subsidi bagian belakang berikutnya adalah dengan membuat dapur mini atau pantry minimalis. Anda bisa menggunakan konsep terbuka untuk area memasak Anda. Selain memiliki daya tarik tersendiri, dapur mini dengan konsep terbuka ini membuat sirkulasi udara tetap terjaga.

Asap dari hasil masakan tidak akan masuk dan memenuhi bagian dalam rumah. Disamping itu, Anda bisa membuat acara barbeque di area ini. Sebagai pemanis, tambahkan meja dan kursi minimalis agar bisa duduk santai sambil menikmati hidangan.

Kamar Tambahan

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Untuk yang tidak hobi memelihara tanaman, Anda bisa membuat kamar tambahan di sisa lahan yang tersedia. Misalnya, kamar mandi, kamar tidur, gudang, atau kamar khusus untuk menyetrika. Ukuran kamar tambahan ini mungkin tidak terlalu besar. Namun, hal ini bisa disiasati dengan merancang desain yang tepat. Anda bisa menggunakan warna-warna netral seperti warna putih agar ruangan tersebut terasa lebih luas.

Ruang Cuci

Desain Khusus untuk Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Selain sebagai kamar, Anda juga bisa membangun ruangan khusus untuk mencuci dan jemur pakaian di sisa lahan belakang rumah. Bagian atapnya bisa menggunakan fiber atau kaca agar cahaya bisa tetap masuk. Agar lebih bagus dan cepat kering, Anda bisa membuatnya seperti area terbuka dengan bagian atap yang bisa dibuka atau ditutup.

Dengan atap seperti ini, Anda bisa membukanya ketika akan mengeringkan pakaian dan menutupnya saat sore hari atau saat turun hujan. Dengan demikian, pakaian yang sedang dijemur tidak akan basah karena terkena air hujan.

Sebagai pemilik, Anda masih bisa bebas berkreasi dengan melakukan renovasi rumah subsidi bagian belakang dan lahan yang tersisa. Mulai dari membuat mini garden, lahan hijau, atau kolam ikan yang indah sampai dengan membuat dapur mini atau kamar tambahan. Apapun bentuknya, buatlah seefisien dan secantik mungkin asalkan tidak melanggar aturan yang berlaku khusus untuk rumah subsidi.