Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Tuberkulosis

Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Tuberkulosis

Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Tuberkulosis

Selamat Datang di website Herbal paru . Kami dari salah satu pusat informasi tentang penyakit paru-paru, dalam artikel ini kami akan membahas atau mengulas tentang pencegahan beserta pengobatan untuk penyakit tuberkulosis. Dan semoga bermanfaat bagi Anda, untuk lebih lanjutnya mari kita simak ulasai dibawah ini :

Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Tuberkulosis – Tuberkulosis adalah penyakit yang dapat dicegah dan dapat disembuhkan jika terdeteksi dan diobati dini. Ini memiliki prevalensi rendah di negara maju termasuk inggris dan amerika serikat. Ini berarti orang yang tinggal di negara-negara ini dan daerah dengan prevalensi rendah tidak perlu melakukan tindakan pencegahan untuk infeksi. Namun, beberapa tindakan pencegahan disarankan bagi mereka yang tinggal atau bepergian ke daerah dan negara yang memiliki prevalensi infeksi yang tinggi.

Baca Juga : Gejala Dan Faktor Resiko Penyakit Tuberkulosis

Pencegahan Dan Penanganan

  • Ketika seseorang didiagnosis menderita tuberkulosis, Layanan Tuberkulosis SA akan melakukan pengujian kulit anggota keluarga dan kontak dekat lainnya dan dapat meminta pengujian kulit sesama siswa atau karyawan (untuk mengecualikan pemaparan dan risiko pengembangan TB secara signifikan). Kontak adalah orang yang cukup dekat dengan orang yang terinfeksi untuk berisiko terkena infeksi dari orang tersebut.
  • Petugas kesehatan harus memiliki layar kesehatan pra-kerja, yang mungkin termasuk tes kulit tuberkulin (Mantoux) untuk mendeteksi paparan tuberkulosis sebelumnya.
  • Vaksin Bacillus Calmette-Guérin (BCG) tersedia, namun ini bukan bagian dari program imunisasi rutin anak-anak . Vaksin ini dapat melindungi dari bentuk tuberkulosis yang parah saat diberikan pada anak kecil.
  • Di Australia, vaksin BCG direkomendasikan untuk beberapa orang yang berisiko tinggi terpapar tuberkulosis termasuk:
    • Neoratus Aborigin dan Torres Strait Islander
    • Bayi yang lahir dari orang tua yang telah bermigrasi dari negara-negara dengan kejadian tuberkulosis tinggi
    • Anak-anak yang lahir dari orang tua dengan kusta atau riwayat keluarga kusta
    • kelompok pekerjaan tertentu termasuk pembalsem dan beberapa petugas layanan kesehatan.

Bagaimana Cara Penanganan Tb ?

Semua bentuk TB dapat disembuhkan jika didiagnosis dan diobati pada waktunya. Pengobatan melibatkan penggunaan kombinasi obat selama enam sampai sembilan bulan karena beberapa bakteri tuberkulosis secara alami resisten terhadap satu atau lebih obat yang diresepkan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mempromosikan strategi yang dikenal sebagai ‘Perawatan Teramati Langsung, Short-course’, atau DOTS. Ini berfokus pada diagnosis, rejimen obat standar, pemantauan individu dan persediaan obat yang aman.

Sekarang ada peningkatan penggunaan pendekatan berbasis masyarakat untuk DOTS – hampir 32 juta orang telah diperlakukan menggunakan strategi DOTS sejak tahun 1993.

Pengobatan gratis sering tersedia, namun komunitas terpencil mungkin tidak menyadarinya. Selain itu, biaya perjalanan ke klinik untuk mengumpulkan obat-obatan atau menjalani perawatan yang diawasi bisa terlalu banyak bagi keluarga untuk dijaga, dan beberapa pasien mungkin berhenti minum obat mereka lebih awal karena secara relatif mereka merasa lebih baik.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai pengobatan TB sebagai salah satu tindakan kesehatan paling efektif biaya yang tersedia.

Apa Pengobatan Untuk Tuberkulosis (TBC)?

Antibiotik ‘Normal’ tidak membunuh bakteri TBC. Anda perlu menggunakan kombinasi antibiotik khusus selama enam bulan. Pengobatan standar di Inggris biasanya merupakan kombinasi dari tiga atau empat antibiotik yang Anda konsumsi selama dua bulan. Ini adalah isoniazid, rifampisin, pirazinamida, dan sering juga etambutol. Hal ini diikuti dengan melanjutkan rifampisin dan isoniazid selama empat bulan berikutnya. Variasi pada rencana perawatan ini dapat disarankan tergantung pada keadaan individu.

Jika pengobatan gagal maka umumnya karena tidak minum obat dengan benar dan teratur. Sangat penting bahwa Anda mengikuti petunjuk seperti yang diperintahkan oleh dokter. Bahkan jika Anda merasa jauh lebih baik dalam beberapa minggu (seperti banyak orang), Anda harus menyelesaikan keseluruhan perawatan.

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati TB memiliki catatan keamanan yang baik. Terkadang efek sampingnya terjadi. Jika seseorang melakukannya, temui dokter daripada hanya menghentikan perawatan. Antibiotik alternatif bisa menjadi pilihan. Bacalah selebaran yang disertakan dengan paket obat untuk daftar kemungkinan efek samping.

Terimakasih yang telah berkunjung di website kami semoga bermanfaat dan semoga Anda sehat selalu. Salam sehat Herbal Paru.

Baca Juga :

Makanan Yang Sehat Untuk Penyakit Tuberkulosis

Posted By Herbal Paru

Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Tuberkulosis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *