Kenali Pertolongan Pertama Pada Asma Saat Kambuh

Kenali Pertolongan Pertama Pada Asma Saat Kambuh

Salam Sehat Semua !!!

Selamat datang di situs kami, kini Anda berada di website yang tepat jika saat ini sedang mencari informasi kesehatan mengenai paru-paru. Dapatkan berbagai informasi kesehatan paru-paru sekaligus cara pengobatan macam-macam penyakit paru hanya di website www.herbalparu.com Sebagai spesialis penyakit paru terbaik.

Nah, untuk pembahasan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai “ Pertolongan Pertama Pada Asma Saat Kambuh ”. selamat membaca 🙂

Jika Anda, saudara, atau teman Anda menderita penyakit ini, tidak ada salahnya mengetahui cara-cara pertolongan pertama pada asma yang tepat. Sebab, jika serangan asma terjadi tiba-tiba, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan.

Kenali Pertolongan Pertama Pada Asma Saat Kambuh – Asma terkadang bisa membuat penderita sulit bernapas sama sekali. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, tidak peduli berapa usia dan apa jenis kelaminnya. Mulai dari bayi hingga orang dewasa, wanita juga pria bisa terjangkit penyakit ini.

Walaupun tidak dapat disembuhkan, penyakit asma setidaknya bisa diredakan. Dengan pengobatan sederhana, gejala asma dapat dikendalikan hingga tidak mengganggu kehidupan penderitanya.

Serangan asma bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Tanda-tandanya meliputi :

  • Gejala seperti sesak napas, mengi, sesak dada, batuk semakin memburuk.
  • Terlalu sulit untuk berbicara, makan, atau tidur akibat sesak napas.
  • Inhaler tidak dapat membantu meringankan sesak napas.
  • Bernapas semakin cepat dan susah.
  • Sakit perut pada anak-anak.

Pada saat asma tiba-tiba kambuh dan tidak tersedia obat atau inhaler di sekitar penderita, maka segeralah melakukan Pertolongan Pertama Pada Asma Tanpa Obat. Berikut penjelasannya :

1. Membawa ke tempat yang nyaman

Pertolongan Partama Pada Asma Tanpa Obat yang pertama adalah apabila hal ini terjadi pada orang sekeliling Anda, segera bawa dia ke tempat yang tenang dan sejuk. Agar penderita dapat lebih banyak menghirup udara segar. Usahakan untuk tidak panik ketika menanganinya. Dan ajak juga penderita untuk lebih tenang dan rileks.

Apabila penderita panik, maka akan memacu kerja jantung untuk berdegup lebih kencang yang akan membuat dada penderita lebih sesak. Karena oksigen yang masuk tidak dapat memenuhi kebutuhan kerja jantung.

2. Menyandarkan punggung pada benda tegak

Sandarkan penderita pada dinding atau apapun yang dapat menopang badannya dan membuat penderita lebih nyaman dan rileks. Minta penderita untuk melemaskan otot-otot tubuhnya. Perlu diingat bahwa ketika sesak napas kambuh, dilarang bagi penderita untuk berbaring atau merebahkan tubuhnya. Karena dapat membuat penderita menjadi semakin sulit bernapas.

3. Beri air hangat

Berikan minuman berupa air putih hangat kepada penderita agar dapat membantu melegakan pernapasannya karena efek hangat yang melewati dada penderita.

4. Atur pernapasan

Arahkan penderita untuk mengatur napasnya secara perlahan. Ajak dia menarik napas menggunakan hidung secara perlahan lalu mengelurkannya melalui mulut secara perlahan juga. Gunakan hitungan pendek sampai penderita dapat memaksimalkan tarikan dan hembusan napasnya.

5. Pijat refleksi

Lakukan pijatan pada titik akupuntur di kaki maupun ditangan. Hal ini harus Anda pelajari terlebih dahulu agar dapat dengan benar dipraktekkan kepada penderita bahkan untuk diri sendiri. Pada telapak kaki, tekan dan pijat di bagian horizontal sekitar 2-3 cm dibawah jari telunjuk sampai jari kelingking.

Posisi tersebut adalah titik akupuntur saraf paru-paru. Kemudian tekan dan pijat pada bagian sisi luar telapak jempol di ruas jari paling atas. Posisi ini merupakan titik akupuntur saraf hidung. Lakukan ini bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri.

Kemudian Anda dapat beralih pada tangan penderita. Jepit dan tarik sampai maksimal jari telunjuk dan jari tengah secara bergantian. Lakukan pada kedua tangan penderita. Tindakan ini dapat menjadi Pertolongan Pertama Pada Asma Tanpa Obat.

6. Cari Inhaler

Alat pernafasan atau obat asma dalam bentu inhaler adalah bantuan yang paling bisa diandalkan. Biasanya penderita asma selalu membawa alat ini untuk mengatasi serangan yang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Anda bisa membantu mencari inhaler tersebut, apakah disimpan dalam tas atau kantong baju.

Usahakan untuk bersikap tenang dan terus memberikan instruksi untuk bernafas ketika mencari inhaler.

Sekian dari pembahasan kali ini yang mengenai tentang Pertolongan Pertama Pada Asma Saat Kambuh, semoga dengan adanya pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi anda semua dan terimakasih atas kesediaannya mengunjungi situs kami dan ingat jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya hanya di Website Herbal Paru.

Baca Juga : Obat Penyakit Asma

QnC Jelly Gamat

Obat sesak nafas karena asam lambung

Posted By Herbal Paru

Kenali Pertolongan Pertama Pada Asma Saat Kambuh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *