Gangguan Penyakit Paru Paru Pada Manusia

Gangguan Penyakit Paru Paru Pada Manusia

Gangguan Penyakit Paru Paru  Pada Manusia

Gangguan Penyakit Paru Paru Pada Manusia– Penyakit paru-paru adalah beberapa kondisi medis yang paling umum di dunia. Puluhan juta orang menderita penyakit paru-paru di AS  yang di sebabkan oleh Merokok , infeksi. Paru paru manusia merupakan  bagian dari aparatus kompleks, berkembang dan rileks ribuan kali setiap hari untuk membawa oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida . Penyakit paru bisa berakibat masalah pada bagian manapun dari sistem paru paru.

Baca Juga : Manfaat Qnc Jelly Gamat Untuk Mengobati Penyakit

kita harus tetap waspada dan menjaga kesehatan kita agar terhidar dari berbagai macam penyakit gangguan paru paru berbahaya diantaranya :

1.Mengi

Saat saluran udara menjadi sesak, tersumbat, atau meradang, paru-paru menghasilkan suara mengi atau bersiul saat Anda bernafas. Mengi dapat dikaitkan dengan banyak penyebab, beberapa di antaranya bersifat jinak dan mudah diobati.

Namun, mengi juga merupakan gejala kanker paru-paru, Jangan berasumsi bahwa mengi disebabkan oleh asma atau alergi . Mintalah dokter untuk memastikan penyebabnya.

2.Sakit tulang

Kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang bisa menimbulkan rasa sakit di punggung atau di area tubuh lainnya. Rasa sakit ini bisa memburuk pada malam hari saat beristirahat di punggung. Mungkin sulit untuk membedakan antara nyeri tulang dan otot. Nyeri tulang sering memburuk pada malam hari dan meningkat dengan gerakan.

3.Sakit kepala

Sakit kepala bisa jadi pertanda bahwa kanker paru telah menyebar ke otak. Namun, tidak semua sakit kepala dikaitkan dengan metastase otak. Terkadang, tumor paru bisa menimbulkan tekanan pada vena kava superior . Ini adalah pembuluh darah besar yang memindahkan darah dari tubuh bagian atas ke jantung. Tekanan juga bisa memicu sakit kepala.

4.Suara serak 

Jika Anda mendengar perubahan suara yang signifikan, atau jika orang lain menunjukkan bahwa suara Anda terdengar lebih dalam, serak, atau raspier, diperiksa oleh dokter Anda. Suara serak bisa disebabkan oleh demam ringan, tapi gejala ini mungkin mengarah pada sesuatu yang lebih serius bila bertahan lebih dari dua minggu . Suara serak yang terkait dengan kanker paru bisa terjadi bila tumor mempengaruhi saraf yang mengendalikan laring, atau kotak suara.

5.Sakit di daerah dada

Kanker paru-paru bisa menyebabkan nyeri di dada, bahu , atau punggung. Perasaan sakit mungkin tidak terkait dengan batuk. Beritahu dokter Anda jika Anda memperhatikan jenis rasa sakit dada , apakah itu tajam, kusam, konstan, atau sebentar-sebentar. Anda juga harus mencatat apakah itu terbatas pada area tertentu atau terjadi di seluruh dada Anda. Bila kanker paru-paru menyebabkan nyeri dada, ketidaknyamanan bisa terjadi akibat pembesaran kelenjar getah bening atau metastasis ke dinding dada, lapisan di sekitar paru-paru, disebut pleura, atau tulang rusuk.

6.Perubahan pernafasan

Sesak nafas atau menjadi mudah tertidur juga kemungkinan gejala kanker paru-paru. Perubahan pernapasan dapat terjadi jika blok kanker paru-paru atau menyempit jalan napas, atau jika cairan dari tumor paru terbentuk di dada.

Perhatikan saat Anda merasa sesak atau sesak napas. Jika Anda merasa sulit bernafas setelah menaiki tangga atau melakukan tugas yang pernah Anda temukan mudah, jangan abaikan saja.

Paru-paru memang sangat mempengaruhi semua organ tubuh yang lainnya, antara lain ginjal, sumsum tulang belakang, dan otak. Untuk anda yang memiliki gejala seperti diatas maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar segera mendapatkan perawatan yang intensif baik. Komplikasi yang terjadi pada penyakit ini ditimbulkan oleh beberapa diantaranya rasa nyeri pada tulang belakang, meningitis, terganggunya fungsi hati atau ginjal, dan terganggunya organ jantung.

Bahaya Penyakit Efusi Pleura

8 Tanaman Obat Herbal Paru-Paru Basah Yang Ampuh

7 Tanaman Obat Tradisional Untuk Penyakit Tbc

Posted By Herbal Paru

Gangguan Penyakit Paru Paru Pada Manusia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *