Apa Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Asma

Apa Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Asma

Selamat datang dan selamat berjumpa kembali di website kami Herbal paru salah satu pusat tentang informasi penyakit paru. Maka kali ini kami akan menjelaskan tentang pencegahan dan penobatan penyakit asma, karna sangat berbahaya bagi Anda yang menderita asma, maka dari itu kami akan menguraikan cara  pencegahan dan pengobatannya simaklah artikel di bawah ini :

 

Apa Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Asma

Apa Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Asma –¬†Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi.

Setiap penderita harus mencoba untuk melakukan tindakan pencegahan. Tetapi bila gejala-gejala sedang timbul maka diperlukan obat antipenyakit asma untuk menghilangkan gejala dan selanjutnya dipertahankan agar penderita bebas dari gejala penyakit asma.

1. Menjaga kesehatan
Menjaga kesehatan merupakan usaha yang tidak terpisahkan dari pengobatan penyakit asma. Bila penderita lemah dan kurang gizi, tidak saja mudah terserang penyakit tetapi juga berarti mudah untuk mendapat serangan penyakit asma beserta komplikasinya.
Usaha menjaga kesehatan ini antara lain berupa makan makanan yang bernilai gizi baik, minum banyak, istirahat yang cukup, rekreasi dan olahraga yang sesuai.

2. Menjaga kebersihan lingkungan
Lingkungan dimana penderita hidup sehari-hari sangat mempengaruhi timbulnya serangan penyakit asma. Keadaan rumah misalnya sangat penting diperhatikan. Rumah sebaiknya tidak lembab, cukup ventilasi dan cahaya matahari.
Saluran pembuangan air harus lancar. Kamar tidur merupakan tempat yang perlu mendapat perhatian khusus. Sebaiknya kamar tidur sesedikit mungkin berisi barang-barang untuk menghindari debu rumah.

3. Menghindari Faktor Pencetus
Alergen yang tersering menimbulkan penyakit asma adalah tungau debu sehingga cara-cara menghindari debu rumah harus dipahami. Alergen lain seperti kucing, anjing, burung, perlu mendapat perhatian dan juga perlu diketahui bahwa binatang yang tidak diduga seperti kecoak dan tikus dapat menimbulkan penyakit asma.

Infeksi virus saluran pernapasan sering mencetuskan penyakit asma. Sebaiknya penderita penyakit asma menjauhi dari orang-orang yang sedang terserang influenza. Juga dianjurkan menghindari tempat-tempat ramai atau penuh sesak. Hindari kelelahan yang berlebihan, kehujanan, penggantian suhu udara yang ekstrim, berlari-lari mengejar kendaraan umum atau olahraga yang melelahkan. Jika akan berolahraga, lakukan latihan pemanasan terlebih dahulu dan dianjurkan memakai obat pencegah serangan penyakit asma.

Pengobatan Asma

Obat bantuan cepat memberikan kelegaan dari gejala asma akut. Obat bantuan cepat yang umum dihirup agonis beta2 short-acting, yang membantu mengendurkan otot di sekitar saluran udara, memungkinkan lebih banyak udara mengalir melalui mereka. Orang dengan asma harus memiliki inhaler bantuan cepat dengan mereka setiap saat jika mereka membutuhkannya.

Bagaimana asma dirawat?

Bentuk pengobatan yang paling umum adalah pengobatan yang diambil melalui inhaler, juga disebut pompa atau puffer. Inhaler mengandung dosis obat yang diukur yang Anda bawa ke saluran napas Anda saat Anda bernafas.

Inhaler yang paling umum adalah penghambat inhaler, yang mencoba menghentikan gejala asma dari yang terjadi, dan inhaler pengharum, yang dapat meringankan gejala asma saat terjadi.

Jika Anda tidak menggunakan inhaler Anda dengan benar, obat tidak akan masuk ke saluran napas Anda dan Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh darinya.

Apa Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Asma

Mencegah inhaler

Hal yang paling penting dalam merawat asma adalah mengendalikan peradangan di saluran napas Anda.

Pencegah inhaler biasanya mengandung obat yang disebut steroid inhalasi. Mereka mirip dengan zat yang dibuat tubuh kita secara alami. Menghirup steroid ekstra setiap hari membantu mengendalikan peradangan dan mengurangi gejala.

Dosis steroid yang diberikan oleh inhaler biasanya sangat rendah dan tidak mungkin menyebabkan efek samping. Terkadang steroid bisa membuat mulut Anda kering atau sakit. Anda bisa mengurangi kemungkinan ini dengan membilas mulut Anda dengan air setelah menggunakan inhaler.

Sekian dari pembahasan kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan jangan lupa kunjungi artikel lainnya haya di website Herbal Paru.

Sekia dan terimakasih.

Baca Juga :

9 Makanan Yang Baik Untuk Penyakit Asma

Faktor Risiko Dan Komplikasi Penyakit Asma

Posted By Herbal Paru

Apa Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Asma

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *