6 Jenis Buah Untuk Meredakan Batuk Berdahak & Kering

6 Jenis Buah Untuk Meredakan Batuk Berdahak & Kering

Salam Sehat Semua !!!

Selamat datang di situs kami www.herbalparu.com yang berinformasi tentang penyakit paru.

Anda berada di website yang tepat jika saat ini sedang mencari informasi mengenai kesehatan. Dapatkan berbagai informasi kesehatan sekaligus cara pengobatan macam-macam penyakit hanya di website www.herbalparu.com, Nah, untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai “Buah untuk batuk berdahak”. selamat membaca 🙂

6 Jenis Buah Untuk Meredakan Batuk Berdahak & Kering – Batuk merupakan jenis penyakit yang membuat tenggorokan terasa gatal dan penderitanya kesulitan untuk menelan makanan. Jenis batuk sendiri ada dua macam, yaitu batuk berdahak dan kering. Batuk berdahak perlu diatasi dengan mengeluarkan dahaknya terlebih dahulu agar gejala batuknya dapat mereda.

Batuk sebenarnya bukanlah jenis penyakit yang perlu Anda langsung tangani dengan obat di apotek. Kecuali jika batuk Anda sudah menjadi batuk kronis. Untuk mengatasi batuk, Anda dapat menggunakan beberapa jenis makanan yang dapat meredakannya.

Jenis makanan yang dimaksud berasal dari buah-buahan. Buah-buahan tidak hanya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, namun juga dapat menjadi obat alami batuk tanpa efek samping.

Baca Juga : Cara Mengatasi Batuk Berdahak

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa jenis buah obat untuk batuk berdahak dan kering yang perlu Anda ketahui.

1. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi sekitar 54 mg / 100 gram penyajian. Vitamin C dalam buah jeruk menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk melawan infeksi dan menyerang semua radikal bebas dalam darah.

Jeruk yang mengandung vitamin C bekerja untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian tenggorokan karena batuk atau iritasi yang sering terjadi karena batuk yang lama. Vitamin C dalam buah jeruk juga akan melawan semua bakteri yang ada di lendir pada tenggorokan.

Cara Konsumsi :

Makan jeruk biasa atau jadikan jeruk menjadi segelas jus tanpa gula. Jika Anda suka maka bisa menambahkan sesendok madu.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa mengobati batuk dalam waktu yang sangat cepat. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sama seperti jenis jeruk biasa, namun kadarnya lebih tinggi yaitu sekitar 57 gram / 100 gram. Selain itu jeruk nipis juga banyak mengandung flavonoid yang bisa bersifat melegakan pernafasan dan menghilangkan lendir di tenggorokan.

Sementara kandungan kaempferol membantu melembutkan lendir kental di tenggorokan. Bahkan jeruk nipis juga bisa membantu mengatasi mual karena batuk terus menerus.

Cara Konsumsi :

  • Peras jeruk nipis dan campur dengan satu sendok madu lalu minum selama tiga atau dua kali dalam sehari.
  • Peras jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit lada hitam kemudian hirup aromanya sedikit demi sedikit.

3. Kiwi

Kandungan vitamin C alami dalam buah kiwi juga bisa meredakan batuk yang membandel. Vitamin C akan berperan untuk mendorong sistem kekebalan alami dalam tubuh. Makan buah kiwi yang mengandung vitamin C juga akan melindung tubuh dari resiko tertulas beberapa penyakit seperti flu dan batuk.

Buah kiwi bisa membantu meredakan batuk karena mengandung actinidain yang bisa menghilangkan mual selama batuk, dan kandungan vitamin C yang bisa memerangi semua virus dan bakteri penyebab batuk.

Cara Konsumsi : Potong kecil-kecil buah kiwi dan makan seperti biasa. Pastikan Anda memilih buah kiwi yang masih segar.

4. Tomat

Tomat mengandung sumber vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan berperan sebagai sumber antioksidan yang akan memerangi infeksi penyebab batuk dan nyeri tenggorokan. Bahkan tomat bisa menjadi obat batuk tanpa menyebabkan efek samping untuk tubuh.

Tomat bisa menyembuhkan batuk dengan cepat karena bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu kandungan vitamin C dan A dalam tomat bisa menjadi sumber penyerang radikal bebas dalam darah.

Cara konsumsi : Pilih jenis tomat merah yang sudah matang karena kaya kandungan beta karoten. Makan tomat mentah untuk mempertahankan vitamin dan hindari konsumsi tomat yang sudah dimasak.

5. Blueberry

Blueberry dikenal sebagai buah yang banyak mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan sangat penting untuk tubuh karena bisa menghambat sel kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung. Tapi selain itu blueberry juga mengandung vitamin C hingga lebih dari 25 % yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh.

Blueberry juga mengandung vitamin E dan vitamin A yang sangat baik untuk tubuh. Konsumsi buah bluberry saat flu sangat baik untuk mengatasi tubuh yang lemah saat sedang flu.

Cara Konsumsi : Makan buah blueberry seperti buah camilan biasa atau jus.

6. Nanas

Banyak orang tidak makan buah nanas ketika sedang batuk, tapi ternyata buah nanas sangat bermanfaat untuk menyembuhkan batuk. Hal ini disebabkan karena buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa bekerja untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menghilangkan bengkak atau iritasi di saluran pernafasan.

Makan buah nanas secara teratur juga bisa mengurangi resiko infeksi penumpukan lendir di saluran pernafasan.

Cara Konsumsi : Makan buah nanas seperti buah camilan biasanya, dan jangan makan kentang atau semua makanan dari kedelai bersamaan dengan buah nanas karena bisa menghambat kerja enzim bromelain dalam tubuh

Itulah pembahasan kali ini yang mengenai tentang buah yang baik untuk penderita batuk berdahak dan kering semoga dengan adanya penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi anda semua dan terimakasih atas kesediaannya mengunjungi situs kami.

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya hanya di herbal paru.

Baca Juga :

Cara Mengobati Edema Paru

Obat Sesak Nafas Karena Maag

Posted By Herbal Paru

6 Jenis Buah Untuk Meredakan Batuk Berdahak & Kering

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *